Show simple item record

dc.contributor.authorChandra, Hermawan
dc.contributor.authorTetty, Wijayanti
dc.contributor.authorEko Harri, Yulianto
dc.date.accessioned2022-01-13T05:04:28Z
dc.date.available2022-01-13T05:04:28Z
dc.date.issued2021-08-04
dc.identifier.issnISBN: 978-602-52118-3-6
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8860
dc.description.abstractKinerja pelayanan yang diberikan oleh pengurus mempengaruhi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh anggota Kelompok Tani Pada Elo. Pemberian pelayanan yang kurang tepat terhadap indikator yang tidak menjadi prioritas terkadang membuat anggota merasa tidak puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja pelayanan pengurus Kelompok Tani Pada Elo dan untuk menganalisis tingkat kepuasan anggota Kelompok Tani Pada Elo terhadap kinerja pelayanan yang diberikan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020 di Kelompok Tani Pada Elo Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Penentuan responden menggunakan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini yaitu data primer dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner terhadap 30 responden. Sementara data sekunder diperoleh data yang dimiliki Kelompok Tani Pada Elo, skripsi dan literatur yang relevan dengan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengurus Kelompok Tani Pada Elo belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan pada hasil perhitungan analisis GAP menunjukkan nilai negatif yaitu -6,7. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa Anggota Kelompok Tani Pada Elo merasa belum puas terhadap kinerja pelayanan pada kategori administrasi dan sarana prasarana produksi. Anggota sudah puas terhadap kinerja pelayanan pengurus pada kategori budaya kerja dan bantuan bibit. Anggota dikatergorikan merasa puas apabila indikator masuk ke dalam kuadran II dan belum puas apabila indikator masuk ke dalam Kuadran I. Pengurus diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan pada indikator yang menjadi prioritas utama, serta mempertahankan kinerja pelayanan pada indikator yang memiliki pelayanan yang sudah maksimal. Hal tersebut dilakukan demi tercapainya tingkat kepuasan anggota yang maksimal. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Kinerja Pelayanan, Kelompok Tani, Harapan, Analisis IPAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFaperta Unmulen_US
dc.subjectSeminar Nasionalen_US
dc.titleProsiding Seminar Nasional Pertanian 2021 Universitas Mulawarmanen_US
dc.title.alternativeGAMBARAN TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KINERJA PELAYANAN KELOMPOK TANI PADA ELO DI KELURAHAN BANTUAS KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record