View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Agriculture
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Agriculture
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Prosiding Seminar Nasional Pertanian 2021 Universitas Mulawarman

Thumbnail
View/Open
prosiding semnas fperta.pdf (391.6Kb)
Date
2021-08-04
Author
Chandra, Hermawan
Tetty, Wijayanti
Eko Harri, Yulianto
Metadata
Show full item record
Abstract
Kinerja pelayanan yang diberikan oleh pengurus mempengaruhi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh anggota Kelompok Tani Pada Elo. Pemberian pelayanan yang kurang tepat terhadap indikator yang tidak menjadi prioritas terkadang membuat anggota merasa tidak puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja pelayanan pengurus Kelompok Tani Pada Elo dan untuk menganalisis tingkat kepuasan anggota Kelompok Tani Pada Elo terhadap kinerja pelayanan yang diberikan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020 di Kelompok Tani Pada Elo Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Penentuan responden menggunakan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini yaitu data primer dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner terhadap 30 responden. Sementara data sekunder diperoleh data yang dimiliki Kelompok Tani Pada Elo, skripsi dan literatur yang relevan dengan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengurus Kelompok Tani Pada Elo belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan pada hasil perhitungan analisis GAP menunjukkan nilai negatif yaitu -6,7. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa Anggota Kelompok Tani Pada Elo merasa belum puas terhadap kinerja pelayanan pada kategori administrasi dan sarana prasarana produksi. Anggota sudah puas terhadap kinerja pelayanan pengurus pada kategori budaya kerja dan bantuan bibit. Anggota dikatergorikan merasa puas apabila indikator masuk ke dalam kuadran II dan belum puas apabila indikator masuk ke dalam Kuadran I. Pengurus diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan pada indikator yang menjadi prioritas utama, serta mempertahankan kinerja pelayanan pada indikator yang memiliki pelayanan yang sudah maksimal. Hal tersebut dilakukan demi tercapainya tingkat kepuasan anggota yang maksimal. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Kinerja Pelayanan, Kelompok Tani, Harapan, Analisis IPA
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8860
Collections
  • P - Agriculture [122]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback