Prosiding Seminar Nasional Pertanian 2021 Universitas Mulawarman
View/ Open
Date
2021-08-04Author
Chandra, Hermawan
Tetty, Wijayanti
Eko Harri, Yulianto
Metadata
Show full item recordAbstract
Kinerja pelayanan yang diberikan oleh pengurus mempengaruhi tingkat kepuasan yang dirasakan
oleh anggota Kelompok Tani Pada Elo. Pemberian pelayanan yang kurang tepat terhadap indikator
yang tidak menjadi prioritas terkadang membuat anggota merasa tidak puas. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja pelayanan pengurus Kelompok Tani Pada Elo dan
untuk menganalisis tingkat kepuasan anggota Kelompok Tani Pada Elo terhadap kinerja pelayanan
yang diberikan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020 di Kelompok Tani
Pada Elo Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Penentuan responden
menggunakan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini yaitu data primer dikumpulkan
melalui wawancara menggunakan kuesioner terhadap 30 responden. Sementara data sekunder
diperoleh data yang dimiliki Kelompok Tani Pada Elo, skripsi dan literatur yang relevan dengan
penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis IPA. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kinerja pengurus Kelompok Tani Pada Elo belum maksimal. Hal tersebut
dikarenakan pada hasil perhitungan analisis GAP menunjukkan nilai negatif yaitu -6,7. Hasil
analisis IPA menunjukkan bahwa Anggota Kelompok Tani Pada Elo merasa belum puas terhadap
kinerja pelayanan pada kategori administrasi dan sarana prasarana produksi. Anggota sudah puas
terhadap kinerja pelayanan pengurus pada kategori budaya kerja dan bantuan bibit. Anggota
dikatergorikan merasa puas apabila indikator masuk ke dalam kuadran II dan belum puas apabila
indikator masuk ke dalam Kuadran I. Pengurus diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan
pada indikator yang menjadi prioritas utama, serta mempertahankan kinerja pelayanan pada
indikator yang memiliki pelayanan yang sudah maksimal. Hal tersebut dilakukan demi tercapainya
tingkat kepuasan anggota yang maksimal.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Kinerja Pelayanan, Kelompok Tani, Harapan, Analisis IPA
Collections
- P - Agriculture [122]