Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat
Abstract
Kehadiran media sosial telah mengubah aktivitas komunikasi korporat dan dengan
cepat merevolusi bagaimana kampanye atau program public relations (PR) berjalan. Jika
dibandingkan dengan cara tradisional yang mengandalkan pada output murni, media sosial
memaksa komunikasi korporat beralih pada proses dialog di mana para pemangku
kepentingan, dan bukan hanya perusahaan sama-sama memiliki kekuasaan terhadap pesan
yang beredar. Artikel ini membahas bagaimana media sosial merupakan alat komunikasi
revolusioner yang mengubah secara cepat praktik PR menjadi bagian integral dari komunikasi
korporat bagi sejumlah perusahaan dan menawarkan pilihan baru bagi para praktisi PR pada
setiap aspek proses komunikasi yang dilakukan. Dengan menggunakan pendekatan analisis
kritis dan interpretatif, artikel ini mencoba membandingkan PR tradisional dengan PR modern
pengguna media sosial, dan melalui perbandingan tersebut menganalisis perubahan yang
terjadi dalam perusahaan, sehingga dapat mencoba memroyeksikan apa yang terjadi dengan
praktik komunikasi korporat di masa mendatang.