SWOT Analysis Strategy in Increasing Zakat Fund Acquisition at Laznas Baitul Maal Hidayatullah Samarinda
View/ Open
Date
2023-10-29Author
Ramadan, Ahmad Suci
Wahyuni, Sri
Hasid, Zamruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mengetahui strategi bisnis berdasarkan faktor lingkungan internal kekuatan dan kelemahan serta faktor lingkungan eksternal peluang dan ancaman pada LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah Gerai Samarinda untuk dapat meningkatkan perolehan dana zakat di Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan kemudian mengolah data yang diperoleh dari metode Matriks SWOT dan Matriks Internal-Eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah Gerai Samarinda berada pada kuadran 1 artinya dapat menggunakan strategi agresif dengan menggunakan faktor Stranght-Opportunity (S-O) sebagai strategi pengembangan usahanya.