Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sosialisasi dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran Kota Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, sosialisasi dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak restoran yang terdaftar di Bapenda Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data primer berupa kuesioner dengan pengukuran skala likert. Jawaban kuesioner dari 108 responden wajib pajak restoran dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman perpajakan, kesadaran wajib pajak, sosialisasi pajak dan sanksi pajak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepatuhan wajib pajak restoran sedangkan kualitas pelayanan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak restoran.
Collections
- S1-Akuntansi [453]