View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Skripsi
  • TA - Social and Political Sciences
  • S1-Ilmu Administrasi Bisnis
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Skripsi
  • TA - Social and Political Sciences
  • S1-Ilmu Administrasi Bisnis
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Receptionist Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Tamu Di Front Office Departement Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI BELIANTO NIM. 1602095114.pdf (2.288Mb)
Date
2023-06-20
Author
Belianto, Belianto
Wediawati, Tuti
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peranan receptionist dalam meningkatkan pelayan pada tamu di Front Office Departement Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi receptionist dalam meningkatkan pelayanan pada tamu di Front Office Departement Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah receptionist dalam meningkatkan pelayanan pada tamu di Front Office Departement Swiss-belhotel Borneo Samarinda telah melakukan upaya dalam meningkatkan pelayanan yang sesuai dengan standart pelayanan yang ada di hotel Swiss-belhotel Borneo Samarinda seperti, Melakukan Greeting, Memberikan informasi yang di butuhkan tamu, Menjual Kamar, Menangani Tamu Check-in , Menangani Tamu Check-Out, Menangani Complain, Menangani telepon masuk. Receptionist memiliki peranyang sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada tamu, karena bagian inilah yang menjadi ujung tombak hotel dalam memberikan kesan pertama kali kepada tamu saat sedang menginap di sebuah hotel. Receptionist sendiri jugatentunya akan selalu menjadi tempat tujuan pertama yang akan dituju oleh tamu jika mereka hendak mencari tahu akan adanya sebuah informasi. Untuk bisa lebih meningkatkan pelayanan sebaiknya hotel Swiss-bell Borneo Samarinda lebih memperhatikan sarana dan prasarana, kualitas pelayanan yang standart, dan melakukan review terhadap pelayanan yang berjalan.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/55481
Collections
  • S1-Ilmu Administrasi Bisnis [97]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback