Pengaruh Karakter Eksekutif, Pertumbuhan Penjualan, Intensitas Modal, Ukuran Perusahaan, dan CSR Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manfaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
Date
2023-03-29Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakter eksekutif, pertumbuhan penjualan, intensitas modal, ukuran perusahaan, dan CSR terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Jenis penlitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah melalui program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter eksekutif berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penghindaran pajak, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran pajak. Sedangkan intensitas modal, ukuran perusahaan, dan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak.
Collections
- S1-Akuntansi [452]