Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Fitri
dc.contributor.authorRamadhani, Ayunda
dc.contributor.authorRasyid, Miranti
dc.date.accessioned2023-04-11T06:49:16Z
dc.date.available2023-04-11T06:49:16Z
dc.date.issued2022-08-08
dc.identifier.citationWulandari, F., Ramadhani, A. & Rasyid, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarmanen_US
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/51162
dc.description.abstractMotivasi belajar merupakan suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar dia bergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Banyak faktor yang menyebabkan siswa kurang memiliki motivasi belajar sehingga menyebabkan kurangnya nilai akademis yang dapat menimbulkan banyak permasalahan baik disekolah maupun di dalam lingkungan keluarga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA angkatan 2019-2021 Tenggarong Seberang yang sedang duduk disekolah menengah atas kelas X-XII Ipa dan Ips yang berjumlah 100 siswa laki-laki berjumlah 62 siswa dan perempuan 38 siswa dengan teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang dengan nilai diperoleh F hitung > F table (22.286 > 3.94 dan nilai p= 0.000 (p <0.050). Kontribusi pengaruh (R2) kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 0.430. Hal ini berarti kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi pengaruh besar sebanyak 29 persen terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Semakin tinggi kompetensi pedagogik guru tersebut maka akan bertambah besar tingkat motivasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarmanen_US
dc.titlePengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1502105016


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record