Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang
Date
2022-08-08Author
Wulandari, Fitri
Ramadhani, Ayunda
Rasyid, Miranti
Metadata
Show full item recordAbstract
Motivasi belajar merupakan suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar dia bergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Banyak faktor yang menyebabkan siswa kurang memiliki motivasi belajar sehingga menyebabkan kurangnya nilai akademis yang dapat menimbulkan banyak permasalahan baik disekolah maupun di dalam lingkungan keluarga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA angkatan 2019-2021 Tenggarong Seberang yang sedang duduk disekolah menengah atas kelas X-XII Ipa dan Ips yang berjumlah 100 siswa laki-laki berjumlah 62 siswa dan perempuan 38 siswa dengan teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang dengan nilai diperoleh F hitung > F table (22.286 > 3.94 dan nilai p= 0.000 (p <0.050). Kontribusi pengaruh (R2) kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 0.430. Hal ini berarti kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi pengaruh besar sebanyak 29 persen terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Semakin tinggi kompetensi pedagogik guru tersebut maka akan bertambah besar tingkat motivasi belajar siswa.
Collections
- S1-Psikologi [98]