Analisis Penerapan Pengendalian Manajemen dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Perusahaan Pada KFC Mulawarman Samarinda
View/ Open
Date
2014-06-10Author
Syam, Awalludin
Noercahyono, Noercahyono
Marliana Wahyuningrum, Roro
Metadata
Show full item recordAbstract
Analisis Penerapan Pengendalian Manajemen Dan
Pembelajaran Organisasi Terhadap Perusahaan Pada KFC Mulawarman
Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Ir. Noercahyono, MM. selaku
Pembimbing I dan Ibu Rr. Marliana W, SE., MM. selaku Pembimbing II.
KFC Mulawarman merupakan usaha makanan cepat saji yang berjenis
restaurant yang dibawah asuhan PT. FAST FOOD INDONESIA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengendalian
manajemen dan pembelajaran organisasi terhadap kinerja perusahan pada KFC
mulawarman Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
variabel independen yaitu variabel Pengendalian Manajemen (X1) dan
Pembelajaran Organisasi (X2) serta variabel dependen adalah Kinerja Perusahaan
(Y).
Hasil analisis dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukkan
persamaan regresi sebagai berikut : Y = 2,561 - 0,090 X1 + 0,318 X2 + e. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengendalian Manajemen (X1) dan
Pembelajaran Organisasi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
Kinerja Perusahaan (Y) pada KFC Mulawarman Samarinda, dari perhitungan uji F
diperoleh F hitung 5,168 jika dibandingkan degan nilai sig hitung 0,010 < 0,05.
Secara parsial variabel pembelajaran organisasi (X2) yang mempunyai pengaruh
signifikan terhadap variabel kinerja perusahaan (Y) dengan nilai t hitung sebesar
2,700 dengan nilai sig hitung 0,010 < 0,05, sedangkan pengendalian manajemen
(X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan (Y) sebesar 0,711
dengan nilai sig hitung 0,481 > 0,05.
Saran utama bagi KFC Mulawarman Samarinda adalah penelitian yang
berhubungan dengan pengendalian manajemen dan pembelajaran organisasi
terhadap kinerja perusahaan sekiranya dapat dijadikan acuan dalam mengambil
kebijakan manajemen demi kemajuan perusahaan.