View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Turnitin Report
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Turnitin Report
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

FENOMENA PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL OLEH GURU-GURU BIOLOGI SMA SAMARINDA PADA KELAS DENGAN SISWA MULTIETNIS

Thumbnail
View/Open
PROC_NAS_3_2014_FENOMENA PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL OLEH GURU-GURU.pdf (4.237Mb)
Date
2014-11-01
Author
Tanah Boleng, Didimus
Metadata
Show full item record
Abstract
Sebuah penelitian survei telah dilakukan di Kota Samarinda terhadap guru-guru biologi Sekolah Menengah Atas (SMA). Situasi pembelajaran yang diterapkan di kelas, perlu memperhatikan karakter (etnis) siswa di kelas itu. Survei dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan guru-guru biologi tentang pembelajaran konvensional, terkait dengan pembelajaran biologi di kelas dengan siswa yang multietnis. Sampel penelitian adalah guru-guru biologi SMA baik negeri maupun swasta yang berjumlah 40 orang, dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan angket, yang dibagikan kepada setiap guru biologi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif (prosentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 22 orang guru (59,5%) dari guru-guru yang sudah mendengar pembelajaran konvensional, sering menggunakan pembelajaran konvensional, dengan 4 orang guru (18,2%) beralasan bahwa mudah dilaksanakan. Namun demikian, ada 8 orang guru (36,4%) mengatakan bahwa kekurangan pembelajaran konvensional adalah siswa menjadi pasif dan miskonsepsi, sedangkan sebanyak 12 orang guru (54,6%) mengatakan kelebihan pembelajaran konvesional adalah materi lebih tersampaikan. Guru-guru biologi memahami kekurangan dan kelebihan pembelajaran konvensional, sebagian besar masih menggunakannya dalam pembahasan materi biologi di kelas. Guru-guru biologi hendaknya mengurangi keseringan menggunakan pembelajaran konvensional dan lebih memilih dan menggunakan pembelajaran kooperatif pada kelas dengan siswa multietnis.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4285
Collections
  • Turnitin Report [1573]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback