Show simple item record

dc.contributor.authorTanah Boleng, Didimus
dc.contributor.authorDuran Corebima, Aloysius
dc.contributor.authorSusilo, Herawati
dc.contributor.authorH. Ibrohim
dc.date.accessioned2020-04-29T18:42:54Z
dc.date.available2020-04-29T18:42:54Z
dc.date.issued2013-07
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4283
dc.description.abstractSebuah penelitian eksperimen semu dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA multietnis di kota Samarinda. Penelitian ditujukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, etnis, dan interaksi strategi pembelajaran-etnis terhadap sikap sosial siswa. Strategi pembelajaran meliputi Cooperative Script (CS), Think Pair Share (TPS), CS+TPS, dan pembelajaran konvensional. Sementara itu, etnis terdiri dari etnis Jawa, Bugis, Banjar, dan Kutai. Penelitian dilakukan selama semester ganjil, tahun pelajaran 2012/2013. Enam kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah setara berdasarkan skor Ujian Akhir Nasional. Analisis data menggunakan ancova faktorial pada taraf signikansi 5% (p<0,05). Berkaitan dengan interaksi antara strategi pembelajaran dan etnis, hasil analisis data menunjukkan bahwa interaksi berpengaruh terhadap sikap sosial; sikap sosial pada kombinasi TPS+CS Kutai tertinggi, yaitu 39,9% lebih tinggi dari sikap sosial pada kombinasi pembelajaran konvensional Jawa (terendah). Penelitian sejenis perlu dilakukan di masa yang akan datang disamping untuk mendapatkan informasi lebih.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPendidikan Biologi FKIP UNSen_US
dc.subjectCooperative Script, Think-Pair-Share, Sikap Sosial, IPA-Biologi, Siswa multietnisen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SMA SAMARINDA MULTIETNISen_US
dc.typeArticleen_US
dc.typeLearning Objecten_US
dc.typePresentationen_US
dc.typeTechnical Reporten_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record