Show simple item record

dc.contributor.authorTanah Boleng, Didimus
dc.contributor.authorTheodora Maasawet, Elsje
dc.contributor.authorWasti Ningrum, Riska
dc.date.accessioned2020-04-29T09:51:12Z
dc.date.available2020-04-29T09:51:12Z
dc.date.issued2018-10-29
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4256
dc.description.abstractJenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment). Variabel bebas adalah PBL dipadu TPS; variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Sampel penelitian berupa siswa kelas XI IPA SMA multietnis di Kota Samarinda. Teknik Pengambilan sampel adalah purposive sampling. Lokasi penelitian adalah di SMA baik negeri maupun swasta yang memiliki jurusan IPA di Kota Samarinda. Rancangan peneitian adalah nonequivalent pre test - post test control group design. Ada dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas untuk perlakuan (dikenakan perlakuan PBL dipadu dengan TPS), dan kelompok kontrol (tidak dikenakan PBL dipadu dengan TPS). Sebelum diterapkan perlakuan, siswa mengerjakan pre test. Selanjutnya, setelah dikenakan perlakuan (akhir penelitian), siswa mengerjakan post test. Bentuk dan isi soal untuk pre test dan post test sama. Hasil pre test dan post test siswa, dikoreksi menggunakan rubrik penskoran (rubric penskoran untuk keterampilan berpikir kritis, dan rubrik penskoran untuk pemahaman konsep biologi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan p˂0,05. Jika hasil anakova menunjukkan pengaruh yang siginifkan, maka dilajutkan dengan uji Least Significance Difference (LSD) dengan p˂0,05. Hasil analysis of covariance (ancova) menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran berpengaruuh terhadap keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep biologi (signifikansi = 0.00).Etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (signifikansi = 0,369), dan pemahaman konsep biologi (signifikansi = 0,417). Interaksi PBL dipadu TPS dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (signifikansi = 0,513), dan pemahaman konsep biologi siswa (signifikansi = 0,640). Kesimpulan penelitian adalah: (1) ada pengaruh penerapan PBL dipadu TPS terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (2) tidak ada pengaruh etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (3) tidak ada pengaruh interaksi PBL dipadu TPS dan etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa. Penelitian sejenisnya perlu dilakukan, terutama difokuskan pada jumlah siswa, dan materi biologi yang lain, untuk mendapatkan informasi lebih.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarmanen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dipadu dengan Think_Pair-Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Multietnis di Kota Samarindaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.typeLearning Objecten_US
dc.typeTechnical Reporten_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record