dc.description.abstract | Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment). Variabel bebas adalah PBL
dipadu TPS; variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Sampel
penelitian berupa siswa kelas XI IPA SMA multietnis di Kota Samarinda. Teknik Pengambilan
sampel adalah purposive sampling. Lokasi penelitian adalah di SMA baik negeri maupun swasta
yang memiliki jurusan IPA di Kota Samarinda.
Rancangan peneitian adalah nonequivalent pre test - post test control group design. Ada
dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas untuk perlakuan (dikenakan perlakuan PBL dipadu
dengan TPS), dan kelompok kontrol (tidak dikenakan PBL dipadu dengan TPS). Sebelum
diterapkan perlakuan, siswa mengerjakan pre test. Selanjutnya, setelah dikenakan perlakuan
(akhir penelitian), siswa mengerjakan post test. Bentuk dan isi soal untuk pre test dan post test
sama. Hasil pre test dan post test siswa, dikoreksi menggunakan rubrik penskoran (rubric
penskoran untuk keterampilan berpikir kritis, dan rubrik penskoran untuk pemahaman konsep
biologi.
Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan p˂0,05.
Jika hasil anakova menunjukkan pengaruh yang siginifkan, maka dilajutkan dengan uji Least
Significance Difference (LSD) dengan p˂0,05.
Hasil analysis of covariance (ancova) menunjukkan bahwa: (1) penerapan model
pembelajaran berpengaruuh terhadap keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep
biologi (signifikansi = 0.00).Etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa (signifikansi = 0,369), dan pemahaman konsep biologi (signifikansi = 0,417). Interaksi
PBL dipadu TPS dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
(signifikansi = 0,513), dan pemahaman konsep biologi siswa (signifikansi = 0,640).
Kesimpulan penelitian adalah: (1) ada pengaruh penerapan PBL dipadu TPS terhadap
keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (2) tidak ada pengaruh etnis
siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (3) tidak ada
pengaruh interaksi PBL dipadu TPS dan etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan
pemahaman konsep biologi siswa.
Penelitian sejenisnya perlu dilakukan, terutama difokuskan pada jumlah siswa, dan materi
biologi yang lain, untuk mendapatkan informasi lebih. | en_US |