View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Reports
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Reports
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dipadu dengan Think_Pair-Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Multietnis di Kota Samarinda

No Thumbnail [100%x80]
View/Open
Penelitian_Mandiri_5_2018.pdf (570.3Kb)
Date
2018-10-29
Author
Tanah Boleng, Didimus
Theodora Maasawet, Elsje
Wasti Ningrum, Riska
Metadata
Show full item record
Abstract
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment). Variabel bebas adalah PBL dipadu TPS; variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Sampel penelitian berupa siswa kelas XI IPA SMA multietnis di Kota Samarinda. Teknik Pengambilan sampel adalah purposive sampling. Lokasi penelitian adalah di SMA baik negeri maupun swasta yang memiliki jurusan IPA di Kota Samarinda. Rancangan peneitian adalah nonequivalent pre test - post test control group design. Ada dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas untuk perlakuan (dikenakan perlakuan PBL dipadu dengan TPS), dan kelompok kontrol (tidak dikenakan PBL dipadu dengan TPS). Sebelum diterapkan perlakuan, siswa mengerjakan pre test. Selanjutnya, setelah dikenakan perlakuan (akhir penelitian), siswa mengerjakan post test. Bentuk dan isi soal untuk pre test dan post test sama. Hasil pre test dan post test siswa, dikoreksi menggunakan rubrik penskoran (rubric penskoran untuk keterampilan berpikir kritis, dan rubrik penskoran untuk pemahaman konsep biologi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan p˂0,05. Jika hasil anakova menunjukkan pengaruh yang siginifkan, maka dilajutkan dengan uji Least Significance Difference (LSD) dengan p˂0,05. Hasil analysis of covariance (ancova) menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran berpengaruuh terhadap keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep biologi (signifikansi = 0.00).Etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (signifikansi = 0,369), dan pemahaman konsep biologi (signifikansi = 0,417). Interaksi PBL dipadu TPS dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (signifikansi = 0,513), dan pemahaman konsep biologi siswa (signifikansi = 0,640). Kesimpulan penelitian adalah: (1) ada pengaruh penerapan PBL dipadu TPS terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (2) tidak ada pengaruh etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (3) tidak ada pengaruh interaksi PBL dipadu TPS dan etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa. Penelitian sejenisnya perlu dilakukan, terutama difokuskan pada jumlah siswa, dan materi biologi yang lain, untuk mendapatkan informasi lebih.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4256
Collections
  • Reports [969]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

NoThumbnail