Pengembangan Perangkat Pembelajaran Yang Menerapkan Pembelajaran Problem Based Learning Serta pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis Di Kota Samarinda
View/ Open
Date
2016-11-24Author
Tanah Boleng, Didimus
V.T Lumowa, Sonja
Palenewen, Evie
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran, harus dipersiapkan oleh guru, dengan memperhatikan
berbagai faktor yang mempengaruhinya, termasuk kondisi etnis siswa di kelas.
Tujuan pembelajaran, antara lain adalah keterampilan berpikir kritis, dan hasil
belajar kogntifi biologi. Agar pembelajaran yang direncanakan dapat mencapai
tujuan pembelajaran, maka guru perlu merancang perangkat pembelajaran yang
mampu memberdayakan keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar biologi
siswa multietnis SMA.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran yang
menerapkan model pembelajaran PBL seperti apa serta bagaimana pengaruhnya
terhadap keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif biologi siswa SMA
multietnis di Kota Samarinda.
Penelitian dilaksanakan di Kota Samarinda. Pengembangan perangkat
pembelajaran, mengikuti model 4-D (Defirze, design, develop, disseminate), yang
dikembangkan oleh Thiagarajan, et al. (1975: 5).
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran, secara umum, dinilai sangat
baik (dengan skor 4) oleh semua validator. Namun demikian, perangkat
pembelajaran yang dikembangkan perlu diujicobakan di lapangan terbatas. Uji coba
tahap awal, dilakukan pada lapangan terbatas, yaitu di SMA Negeri 1 (SMA yang
melaksanakan K-13), dan di SMA Negeri 8 (SMA yang masih melaksanakan
KTSP). Proses uji coba pada lapangan terbatas, dilakukan dengan menggunakan
eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain pretest-posttest control group
design.
Hasil analisis data uji coba pengembangan perangkat pada lapangan
terbatas, dengan menggunakan analisis kovarian (ankova), diketahui bahwa: (1)
untuk SMA Negeri 1: model pembelajaran, dan etnis siswa berpengaruh terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa, interaksi model pembelajaran dan etnis siswa
tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; model pembelajaran,
dan etnis siswa berpengaruh terhadap hasil belajar kognitifbiologi siswa; interaksi
model pembelajaran dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar
kognitifbiologi siswa; (2) untuk SMA negeri 8: Model dan etnis siswa berpengaruh
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, interaksi model pembelajaran dan etnis
siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; model
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitifbiologi siswa; etnis, dan interaksi model
pembelajaran dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif
biologi siswa.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, memiliki kekuatan-kekuatan,
antara lain: (1) silabus, RPP, dan LKS, dalam proses pembelajarannya selalu
memunculkan sintaks pembelajaran P BL, (2) memungkinkan siswa yang multietnis
dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia, (3) memungkinkan siswa
duduk dan berinteraksi dengan siswa lain yang berlainan etnis; dan kelemahankelemahan
antara lain: (1) guru perlu setiap hari mengatur posisi duduk siswa
sehingga posisi duduk siswa selang-seling berdasarkan etnisnya, (2) tidak semua
uraian permasalahan bersifat aktual.
Collections
- Reports [966]