Show simple item record

dc.contributor.authorTanah Boleng, Didimus
dc.date.accessioned2020-04-26T13:25:58Z
dc.date.available2020-04-26T13:25:58Z
dc.date.issued2017-12-02
dc.identifier.isbn978-602-72412-2-0
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4230
dc.description.abstractKetercapaian indikator-indikator keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Samarinda, masih bervariasi. Guru-guru biologi cenderung menggunakan pembelajaran konvensional, dan jarang menerapkan pembelajaran PBL. Stud, eksperimen semu dilakukan di kelas XI jurusan llmu Pengetahuan Alam dengan materi biologi, semester ganjil tahun akademik 2016/2017, di Sekolah Menengah Atas Katolik W.R. Soepratman, Kota Samarinda. Fokus penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan PBL dikombinasi dengan model pembelajaran Cooperative Script terhadap ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive samping. Studi menggunakan nonequivalent pre-test post-test control group design. lntrumen penelitian berupa daftar pertanyaan dan enam soal tes. Ada Teknik. analisis data adalah uji t untuk. sampel berpasangan (paired t test) dengan taraf kesalahan 5% (p<0,05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 0,02; dan nilai ttabel (dk= 10; a = 0,05) = 2,23; diputuskan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan PBL dikombinasi dengan model pembelajaran Cooperative Script terhadap ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis siswa. Walaupun secara statistik, tidak terdapat mengaruh, namun pengintegrasian model pembelajaran Cooperative Script dalam sintaks-sintak PBL memungkinkan slswa belajar untuk melakukan setiap indikator keterampilan berpikir kritis, walaupun keteracapaiannya tidak sama untuk setiap sintaksnya. Studi sejenisnnya di masa mendatang, perlu dilakukan terutama untuk mengkaji ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis dengan menambah jumlah siswa dan kelas eksperimen.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectlndikator; keterampilan berpikir kritis; PBL; Cooperative Script; Biologien_US
dc.titlePengaruh Penerapan Problem-Based Learning Dikombinasi Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Script Terhadap Pencapaian Indikator-Indikator Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Biologien_US
dc.typeBook chapteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record