View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penerapan Problem-Based Learning Dikombinasi Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Script Terhadap Pencapaian Indikator-Indikator Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Biologi

Thumbnail
View/Open
Prosiding[SemNas_III_PendBiologi_Desember_2017]Pengaruh Penerapan Problem-Based Learning Dikombinasi Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Script Terhadap Pencapaian Indikator-Indikator Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Biologi.pdf (1.134Mb)
Date
2017-12-02
Author
Tanah Boleng, Didimus
Metadata
Show full item record
Abstract
Ketercapaian indikator-indikator keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Samarinda, masih bervariasi. Guru-guru biologi cenderung menggunakan pembelajaran konvensional, dan jarang menerapkan pembelajaran PBL. Stud, eksperimen semu dilakukan di kelas XI jurusan llmu Pengetahuan Alam dengan materi biologi, semester ganjil tahun akademik 2016/2017, di Sekolah Menengah Atas Katolik W.R. Soepratman, Kota Samarinda. Fokus penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan PBL dikombinasi dengan model pembelajaran Cooperative Script terhadap ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive samping. Studi menggunakan nonequivalent pre-test post-test control group design. lntrumen penelitian berupa daftar pertanyaan dan enam soal tes. Ada Teknik. analisis data adalah uji t untuk. sampel berpasangan (paired t test) dengan taraf kesalahan 5% (p<0,05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 0,02; dan nilai ttabel (dk= 10; a = 0,05) = 2,23; diputuskan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan PBL dikombinasi dengan model pembelajaran Cooperative Script terhadap ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis siswa. Walaupun secara statistik, tidak terdapat mengaruh, namun pengintegrasian model pembelajaran Cooperative Script dalam sintaks-sintak PBL memungkinkan slswa belajar untuk melakukan setiap indikator keterampilan berpikir kritis, walaupun keteracapaiannya tidak sama untuk setiap sintaksnya. Studi sejenisnnya di masa mendatang, perlu dilakukan terutama untuk mengkaji ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis dengan menambah jumlah siswa dan kelas eksperimen.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4230
Collections
  • P - Teacher Training and Education [295]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback