Pengaruh Model Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 2 Sebulu Tahun Ajaran 2016/2017
Date
2017-12-02Author
Ridwan Siagian, Wedison
Amir Masruhim, Muh.
Tanah Boleng, Didimus
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle 5E
terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilaksanakan pada kelas X IPA di SMA Negeri 2
Sebulu dengan disain yang digunakan adalah Non equivalent Control Group Design, Sampel
dalam penelitian ini adalah empat kelas yaitu dua kelas perlakuan dan dua kelas kontrol ,
instrument yang digunakan berupa tes tertulis mengukur pengetahuan awal dan hasil belajar
kognitif. Teknis analisis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis kovarian (Ancova) satu
jaur, dan memakai spss versi 23. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian, ada
perbedaan yang nyata hasil belajar antar siswa yang belajar model pembelajaran Learning
Cycle 5E dengan model konvensional. Berdasarkan hasil statistik diperoleh nilai sig. 0,016 <
0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran
Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif.