Kajian Profesionalitas Guru dalam Aktivitas Pembelajaran di Kota Bontang. Laporan Penelitian.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: profesionalitas guru dalam aktivitas pembelajaran di Kota Bontang, yang mencakup (a) informasi tentang keselarasan antara profesionalisme guru dengan profesionalitasnya dalam pembelajaran, dan (b) pemetaan guru berdasarkan indicator profesionalitas.
Penelitian deskriptif-kualitatif ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2016 di Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Populasi penelitian ini adalah semua guru sekolah di wilayah Kota Bontang, baik sebagai guru tetap maupun berstatus honorer. Sampel penelitian ini adalah guru tetap maupun guru honorer dan penentuan sampel menggunakan teknik sampling secara bertahap. Tahap pertama, menentukan sampel sekolah menggunakan stratified random sampling; dan diperoleh 5 sekolah yaitu jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan MA; dan tahap kedua, menentukan sampel guru sebanyak 70 dengan teknik Simple random sampling; Alat pengumpulan data menggunakan instrument angket yang disusun oleh peneliti menggunakan skala Likert. Instrumen angket tentang profesionalitas guru tersebut disusun berdasarkan lima indicator. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik desktiptif dengan data kualitatif yang memiliki skala ordinal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profesionalitas guru-guru di Kota Bontang dalam aktivitas pembelajaran menunjukkan kategori yang bagus. Pemetaan profesonalitas guru berdasarkan lima indicator profesionalitas, secara berurutan mencapai 96,19%; 81%; 85%; 97,37%; dan 90,71%; dan (2) Terdapat keselarasan antara profesionalisme dan profesionalitas guru di Kota Bontang dalam pembelajaran. Profesionalitas guru nampak pada profesionalisme guru yang muncul pada kegiatan di setiap indicator profesionalitas, yakni berkenaan dengan kompetensi pedagogi, kompe-tensi professional, dan kompetensi social dan kompetensi kepribadian guru.
Collections
- Reports [954]