Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Nela K.
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-10T22:34:54Z
dc.date.available2022-10-10T22:34:54Z
dc.date.issued2019-10
dc.identifier.citationNela K Sari & Sugeng. (2019). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, BERPIKIR KREATIF, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAMARINDA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer Tahun 2019,. Penyelenggara: PMIPA FKIP Universitas Mulawarman. Oktober 2019, hal. 24-31, ISSN : 2721-692 , edisi 1en_US
dc.identifier.issnISSN : 2721-692
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42082
dc.description.abstractPenelitian jenis ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, berpikir kreatif, dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMAN 1 Samarinda, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas, dan satu variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Samarinda (8 kelas, 240 siswa), dan sampel penelitian terpilih 5 kelas (150 siswa) dari 8 kelas tersebut yang diambil dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket (untuk data ketiga variabel bebas), dan tes (untuk data hasil belajar) matematika, yang sebelumnya dilakukan uji coba instrumen. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Regresi linear ganda. Hasil analisis deskriptif menyatakan disiplin belajar (X1) tergolong sedang, berpikir kreatif (X2) tergolong sedang, minat belajar (X3) tergolong rendah, serta hasil belajar matematika siswa (Y) tergolong sedang. Hasil analisis inferensial memperoleh persamaan penduga Ŷ=−58,051+0,231X1+0,167X2+0,193X3, dengan p=0,001. Karena p<0,05 maka persamaan regresi penduga tersebut adalah berarti pada taraf =5% sehingga terdapat pengaruh antara disiplin belajar, berpikir kreatif dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika (R2=0,102). Hasil pengujian secara parsial pada koefisien regresi linier ganda untuk disiplin belajar, berpikir kreatif, dan minat belajar; masing-masing menunjukkan harga thitung (2,471; 2,055; 2,322) lebih besar dari ttabel (1,645), sehingga disimpulkan bahwa masing-masing disiplin belajar, berpikir kreatif, dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.en_US
dc.publisherPMIPA FKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesPROSIDING SemNas PMSGK PMIPA FKIP Universitas Mulawarman 2019.;Prosiding SemNas PMSGK Tahun 2019, hal. 24-31, ISSN : 2721-692 , edisi 1
dc.subjectDisiplin; Berpikir kreatif; Minat; Hasil belajaren_US
dc.titlePENGARUH DISIPLIN BELAJAR, BERPIKIR KREATIF, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAMARINDA.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record