View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, BERPIKIR KREATIF, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAMARINDA.

Thumbnail
View/Open
Disiplin Belajar (1.269Mb)
Date
2019-10
Author
Sari, Nela K.
Sugeng, Sugeng
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian jenis ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, berpikir kreatif, dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMAN 1 Samarinda, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas, dan satu variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Samarinda (8 kelas, 240 siswa), dan sampel penelitian terpilih 5 kelas (150 siswa) dari 8 kelas tersebut yang diambil dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket (untuk data ketiga variabel bebas), dan tes (untuk data hasil belajar) matematika, yang sebelumnya dilakukan uji coba instrumen. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Regresi linear ganda. Hasil analisis deskriptif menyatakan disiplin belajar (X1) tergolong sedang, berpikir kreatif (X2) tergolong sedang, minat belajar (X3) tergolong rendah, serta hasil belajar matematika siswa (Y) tergolong sedang. Hasil analisis inferensial memperoleh persamaan penduga Ŷ=−58,051+0,231X1+0,167X2+0,193X3, dengan p=0,001. Karena p<0,05 maka persamaan regresi penduga tersebut adalah berarti pada taraf =5% sehingga terdapat pengaruh antara disiplin belajar, berpikir kreatif dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika (R2=0,102). Hasil pengujian secara parsial pada koefisien regresi linier ganda untuk disiplin belajar, berpikir kreatif, dan minat belajar; masing-masing menunjukkan harga thitung (2,471; 2,055; 2,322) lebih besar dari ttabel (1,645), sehingga disimpulkan bahwa masing-masing disiplin belajar, berpikir kreatif, dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42082
Collections
  • P - Teacher Training and Education [295]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback