Show simple item record

dc.contributor.authorPalenewen, Evie
dc.date.accessioned2020-04-22T15:42:55Z
dc.date.available2020-04-22T15:42:55Z
dc.date.issued2013-07-01
dc.identifier.citationAshbrook Peggy. 2006. Sains itu Mengasyikkan. Jakarta: Media Komputindo. Berk Laura E.. 2006. Child Development, 6th ed.. Boston: Pearson International. Bredekamp, S., (ed). 1992. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. Washington DC: NAEYC. Brewer, Ann, Jo.. 2007. Early Childhood Education, 6th ed.. Boston: Pearson. 5 Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS Catron, Carol E, Allen Jan., 1999. Early Childhood Curriculum a Creative-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Simon & Schuster. Copple Carol, Bredekamp Sue. 2006. Basic of Developmentally Appropriate Practice. Washington DC: NAEYC. Dick Walter, Carey Lou, Carey James, O.. 2005. The Systematic Design of Instruction. USA-Boston: Pearson. Docket Sue, Fleer Marlyn. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood. Sidney: Harcout. Dodge D., Colker L,J., 2000. Creative Curricullum for Early Childhood. Washington: Teaching Strategy. Gage N.L., Berliner David. 1988. Educational Psychology. Boston: Houghton Mifflin. Guerra Christina. Vygotsk., http://www.personal.une.edu.au. Jamaris Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jakarta. Johnson, R, Jacqueline, Dialogue on Early Childhood Science, Maths, and Technology Education: http://www.earlychildhood/scienceeducation.htm. Mayesky Mary. 1990. Creative Activities For Young Children. New York: Delmar Publisher Inc.. Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia. Musfiroh T., 2008. Cerdas Melalui Bermain, Jakarta: Grasindo, Nugraha Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation. Olsen Amanda E., Junnifer Sumsion, Early Childhood Teacher Practices Regarding The Use of Dramatic Play in K-2 Classroom, (www.aare.edu.au/) Pribadi, Benny A.. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Reigeluth, Charles M., 1999. Instructional Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. Vol. II., New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers. Mahwah. Seefeld Carol, Barbour, Nita. 1993. Early Childhood Education. New York: Macmillan. Semiawan Conny, dkk., 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: Prehallindo. Van Hoorn J., et.al., 2007. Play at the Center of Curriculum. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall. Woolfolk, A.E., Nicolich, L., 2004. Mengembangkan Kecerdasan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Inisiasi Press. (Terjemahan: M Khairul Anam) Wortham S. C., 1994. Early Childhood Curriculum: Developmental Bases for Learning and Teaching. New York: Macmillan Collegeen_US
dc.identifier.isbn978-602-8580-94-6
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4193
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sains biologi melalui aktivitas bermain di Taman Kanak-kanak. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan 4 (empat) tahapan: (1) tahap prapenelitian: studi literatur, wawancara guru dan observasi pembelajaran, (2) tahap pengembangan awal: perancangan awal dan uji-coba-revisi desain, (3) tahap pengembangan: uji-lapangan dan revisi desain, dan (4) tahap pengembangan akhir: evaluasi penerapan desain model pada kegiatan pembelajaran sains di TK. Penelitian dilaksanakan pada Taman Kanak-kanak di Jakarta Timur, dengan melakukan pengamatan dan kajian pembelajaran sains biologi di 3 (tiga) TK sebagai sampel penelitian, pada tahapan pra-pengembangan penelitian, dan implementasi desain model pembelajaran yang dikembangkan dilaksanakan pada 1 (satu) TK di Jakarta Timur. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) model pembelajaran sains melalui bermain di TK yang dikembangkan efektif diterapkan pada pembelajaran sains TK, (2) rancangan model dikembangkan berdasarkan hasil studi literatur dan survei pembelajaran sains di TK, bahwa keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh guru, namun sebagian besar guru menyadari pengetahuan dan kecakapan mereka tentang sains terbatas, (3) struktur model pembelajaran sains melalui bermain di TK, sebagai hasil yang dikembangkan, mencakup: deskripsi tema-tema sains, rumusan kompetensi dan indikator hasil belajar, tujuan pembelajaran terfokus pada keterampilan proses dan sikap sains, jaring konseptual aktivitas bermain sambil belajar, deskripsi materi sains esensial untuk guru, dan skenario dan evaluasi pembelajaran sains melalui bermain. Kataen_US
dc.publisherPROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTAen_US
dc.relation.ispartofseriesSeminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS VOL II;177-194
dc.subjectModel Of Science Learning Through Play, Science Process, Esentials Sciences Materialen_US
dc.subjectModel Of Science Learning Through Play, Science Process, Esentials Sciences Materialen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI MELALUI BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAKen_US
dc.title.alternativePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI MELALUI BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAKen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record