View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Proceedings
  • P - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI MELALUI BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAK

Thumbnail
View/Open
3153-7006-1-SM.pdf (376.0Kb)
Date
2013-07-01
Author
Palenewen, Evie
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sains biologi melalui aktivitas bermain di Taman Kanak-kanak. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan 4 (empat) tahapan: (1) tahap prapenelitian: studi literatur, wawancara guru dan observasi pembelajaran, (2) tahap pengembangan awal: perancangan awal dan uji-coba-revisi desain, (3) tahap pengembangan: uji-lapangan dan revisi desain, dan (4) tahap pengembangan akhir: evaluasi penerapan desain model pada kegiatan pembelajaran sains di TK. Penelitian dilaksanakan pada Taman Kanak-kanak di Jakarta Timur, dengan melakukan pengamatan dan kajian pembelajaran sains biologi di 3 (tiga) TK sebagai sampel penelitian, pada tahapan pra-pengembangan penelitian, dan implementasi desain model pembelajaran yang dikembangkan dilaksanakan pada 1 (satu) TK di Jakarta Timur. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) model pembelajaran sains melalui bermain di TK yang dikembangkan efektif diterapkan pada pembelajaran sains TK, (2) rancangan model dikembangkan berdasarkan hasil studi literatur dan survei pembelajaran sains di TK, bahwa keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh guru, namun sebagian besar guru menyadari pengetahuan dan kecakapan mereka tentang sains terbatas, (3) struktur model pembelajaran sains melalui bermain di TK, sebagai hasil yang dikembangkan, mencakup: deskripsi tema-tema sains, rumusan kompetensi dan indikator hasil belajar, tujuan pembelajaran terfokus pada keterampilan proses dan sikap sains, jaring konseptual aktivitas bermain sambil belajar, deskripsi materi sains esensial untuk guru, dan skenario dan evaluasi pembelajaran sains melalui bermain. Kata
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4193
Collections
  • P - Teacher Training and Education [295]

Related items

Showing items related by title, author, creator and subject.

  • Letter of Acceptance as PRESENTER of INTERNATIONAL CONFRENCE SOCIAL SCIENCES AND LAW that Organized by FACULTY OF SOCIAL SCIENCES AND LAW STATE UNIVERSITY OF SURABAYA toward the New Normal Challanges and Inovation in Social Sciences Education, and Law Development with title “The Fake Vaccine and in terms of Civil Law Theory (Commercial Law) that related to Consumer protection and Organized Crime” 

    Siahaan, Nomensen (2021-10-04)
  • PRESENTER of INTERNATIONAL CONFRENCE SOCIAL SCIENCES AND LAW that Organized by FACULTY OF SOCIAL SCIENCES AND LAW STATE UNIVERSITY OF SURABAYA toward the New Normal Challanges and Inovation in Social Sciences Education, and Law Development with the title The Covid-19 Pandemic and Its Relation to the Commercial (Economic) Law, Labor Law, State and International Role 

    Siahaan, Nomensen (2021-10-04)
  • Sertifikat 1st Lekantara Annual Conference on Government Science, Public Administration, Politics, Law & Social Sciences (LeGALS) 

    Apriani, Fajar (Lekantara, 2021-08-03)

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback