Show simple item record

dc.contributor.authorPalenewen, Evie
dc.contributor.authorMayasari, Dewi
dc.date.accessioned2020-04-21T14:17:44Z
dc.date.available2020-04-21T14:17:44Z
dc.date.issued2013-10-01
dc.identifier.citationDavit, S. A, 2008. Penerapan Strategi Pembelajaran timbal balik reciprocal teaching untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-IPS SMAN 2 Malang pada mata pelajaran ekonomi. skripsi. Universitas Negeri Malang. (online) http://blog.tp.ac.id/penerapan-strategi pembelaja ran-timbal-balik-reciprocal-teaching/html. diakses pada tanggal 27 januari 2013. Faiq, Muhamad.2012. Pengajaran Timbal Balik (reciprocal teaching). Artikel (online) http://blog/ Downloads/pengajaran-timbal-balik-reciprocal. html diakses pada tanggal 27 januari 2013. Kompas. 2003. SMU Unggulan Barana Tanah Toraja Unggul karena Tutor Sebaya. (online).http:/ www.com/kompas–cetak/0308/13/daerah/488609 .Html/ diakses 27 januari 2013. Lestari, Widi. 2012. Komparasi antara model pembelajaran reciprocal teaching dan kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman dan penerapan konsep biologi dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 2 Amplapura. (online) http://pasca.undiksha.ac.id/e-jurnal/index.php/ jurnal_ipa/article/html diakses pada tanggal 30 Januari 2013. Ratnawati, Ika.2012 Perbedaan metode reciprocal teaching dan tutor sebaya terhadap motivasi dan prestasi belajar. Universitas negeri Yogyakarta tahun 2011/2012. Yogyakarta. (online) http://ep rints.uny.ac.id/8201/8/html. diakses pada tanggal 27 januari 2013. Sudjana, N.2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Susilo. 2009. Prinsip-prinsip dan teori dasar penelitian pendidikan. Jakarta : Poliyama Widya Pustaka. Wilujeng, Hanik Tri. 2008. Penerapan pembelajaran strategi reciprocal teaching dalam metode tutorial sebaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada kelas II APK di SMK PGRI 2 Malang). Karya ilmiah. (online) http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/ html diakses pada tanggal 27 Januari 2013 Yulianti. 2010. Pengembangan perangkat pembelajaran peluang berbasis reciprocal teaching untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMKN 3 Lubuklingau. Jurnal pendidikan matematika. (online) http://eprints.unsri.ac.id/847 /html diakses pada tanggal 15 Februari 2013en_US
dc.identifier.issn2339-2649
dc.identifier.urihttp://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/viewFile/5222/4379
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4179
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran reciprocal teaching dengan pembelajaran tutor sebaya pada pokok bahasan klasifikasi mahluk hidup kelas VII di SMP Negeri 32 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 32 Samarinda yang berjumlah 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan kelas VII-A dan kelas VII-B masing-masing sebanyak 25 siswa. Kelas pertama menggunakan pembelajaran reciprocal teaching dan kelas kedua menggunakan pembelajaran tutor sebaya. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitin diperoleh thitung = 3,21 dan ttabel = 2,00 berarti nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, Dengan demikian dapat disimpulkan, ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran reciprocal teaching dengan pembelajaran tutor sebaya pada pokok bahasan klasifikasi mahluk hidup.en_US
dc.publisherJurnal EduBio Tropika Program studi magister pendidikan biologi program pascasarjana universitas syiah kuala banda acehen_US
dc.relation.ispartofseriesJurnal EduBio Tropika, Volume 1, Nomor 1;45-50
dc.subjectreciprocal teaching, tutor sebaya, hasil belajaren_US
dc.titlePERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUPen_US
dc.title.alternativePERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record