PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara
pembelajaran reciprocal teaching dengan pembelajaran tutor sebaya pada pokok bahasan klasifikasi
mahluk hidup kelas VII di SMP Negeri 32 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 32 Samarinda yang berjumlah 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan kelas
VII-A dan kelas VII-B masing-masing sebanyak 25 siswa. Kelas pertama menggunakan pembelajaran
reciprocal teaching dan kelas kedua menggunakan pembelajaran tutor sebaya. Data hasil penelitian
dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitin diperoleh thitung = 3,21 dan ttabel = 2,00 berarti nilai thitung >
ttabel pada taraf signifikan 5%, Dengan demikian dapat disimpulkan, ada perbedaan hasil belajar siswa
antara pembelajaran reciprocal teaching dengan pembelajaran tutor sebaya pada pokok bahasan
klasifikasi mahluk hidup.
URI
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/viewFile/5222/4379http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4179