Show simple item record

dc.contributor.authorsukmono, yudi
dc.date.accessioned2022-08-21T14:59:02Z
dc.date.available2022-08-21T14:59:02Z
dc.date.issued2022-04
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/40624
dc.description.abstractBerdasarkan letak geografis, Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis sehingga termasuk negara agraria. Sektor pertanian mengalami pertumbuhan dan kinerja ekspor selama pandemi Covid-19, pertumbuhan positif tersebut sebesar 1,75%. Dalam menunjang sektor pertanian, PT Pupuk Kalimantan Timur adalah salah satu produsen pupuk terbesar di Indonesia saat ini, dengan produk pupuk NPK Pelangi. Keberadaan Asean Free Trade Area (AFTA) sejak 1992, memberikan peluang produsen pupuk dalam negeri untuk membuka pasar secara global, namun hal ini juga bisa menjadi ancaman karena masuknya produk luar kedalam pasar domestik. Beberapa produk pupuk yang menguasai pasar saat ini adalah NPK Mutiar dan Yaramila. Hal ini mengharuskan PT Pupuk Kalimantan Timur membutuhkan Strategi Pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisiean adalah dengan mendaftarkan faktor evaluasi internal (IFE) dan eksternal (EFE) produk, mengetahui posisi pasar dan klasifikasi startegi dengan Matriks Internal Ekternal (IE). Selanjutnya dapat dilakukan analisis Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) untuk mengetahui strategi usuluan dan terakhir mengambil keputusan setiap strategi hasil analisis SWOT akan dierikan skor terbaik pada matriks Quantitative Startegic Planing Matrix (QSPM). NPK Pelangi 16 16 16 berada pada Grow and Build. Klasifikasi strategi yang sebaiknya dilakukan adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk.en_US
dc.publisherJurusan Teknik Industri FT Universitas Sultan Ageng Tirtayasaen_US
dc.relation.ispartofseriesvolume 7;no.2
dc.subjectStrategi pemasaran Pupuk NPK Pelangi Internal Factors Evaluation External Factors Evaluation SWOTen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Pupuk NPK Pelangi pada Kios Resmi di Samarindaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record