Show simple item record

dc.contributor.authorDimpudus, Ariantje
dc.date.accessioned2022-08-19T10:51:22Z
dc.date.available2022-08-19T10:51:22Z
dc.date.issued2022-02-21
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/40205
dc.description.abstractABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMK Negeri 20 Samarinda pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2020/2021 dengan batasan pada materi matriks dan materi program linier. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah tes tertulis berupa soal uraian untuk masing-masing materi 5 soal. Kemampuan berpikir kritis siswa mengacu pada 4 kategori yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMK Negeri 20 Samarinda masih tergolong sangat rendah. Indikator siswa yang paling rendah ialah interpretasi dengan hanya sebesar 15,56% saja dari dua materi yang diujikan. Sedangkan untuk indikator yang paling tinggi adalah analisis yaitu sebesar 23,33% dari dua materi yang diujikan. Hasil penelitian diatas dapat digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk mengetahui kelemahan pada siswa terutama dalam hal berpikir kritis. Juga, dapat menjadi pedoman bagi peneliti yang lain untuk menggunakan penelitian ini sebagai referensi (penelitian yang relevan). Kata kunci: Kemampuan, Kemampuan Berpikir Kritis, Matriks, Program Linieen_US
dc.titleKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 20 SAMARINDA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2020/2021en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record