KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 20 SAMARINDA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI
di SMK Negeri 20 Samarinda pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2020/2021
dengan batasan pada materi matriks dan materi program linier. Jenis penelitian adalah
penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
dalam penelitian adalah tes tertulis berupa soal uraian untuk masing-masing materi 5 soal.
Kemampuan berpikir kritis siswa mengacu pada 4 kategori yaitu: interpretasi, analisis,
evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis
siswa kelas XI di SMK Negeri 20 Samarinda masih tergolong sangat rendah. Indikator
siswa yang paling rendah ialah interpretasi dengan hanya sebesar 15,56% saja dari dua
materi yang diujikan. Sedangkan untuk indikator yang paling tinggi adalah analisis yaitu
sebesar 23,33% dari dua materi yang diujikan. Hasil penelitian diatas dapat digunakan
sebagai pedoman bagi guru untuk mengetahui kelemahan pada siswa terutama dalam hal
berpikir kritis. Juga, dapat menjadi pedoman bagi peneliti yang lain untuk menggunakan
penelitian ini sebagai referensi (penelitian yang relevan).
Kata kunci: Kemampuan, Kemampuan Berpikir Kritis, Matriks, Program Linie