Pengaruh Ukuran dan Umur Perusahaan Serta Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)
Date
2022-06-13Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis ukuran perusahaan, umur perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 45 perusahaan. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dengan metode dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan. Alat analisis yang digunakan untuk olah data penelitian ini adalah program SPSS versi 25 dengan model analisis regresi linear berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Umur perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.
Collections
- S1-Akuntansi [453]