Eksplorasi Motivasi Belajar, Peran Orang Tua, dan Thinking Style Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Akuntansi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar, peran orang tua dan thinking style terhadap performa akademik mahasiswa akuntansi. Penelitian ini dimotivasi oleh prestasi akademik Indonesia yang berada pada tingkatan terendah di Asia Tenggara dan peringkat 10 terbawah dari 79 negara yang disurvei pada tahun 2019. Penelitian ini mengumpulkan data melalui survei dengan Teknik purposive sampling. Jumlah responden adalah 126 mahasiswa aktif prodi S1 Akuntansi angkatan 2017, 2018, dan 2019 di Universitas Mulawarman. Data diolah menggunakan SmartPLS versi 3.2.9. Penelitian ini menggunakan learned needs theory, social pressure theory dan teori kognitif untuk mendeskripsikan performa akademik mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan thinking style berpengaruh positif dan signifikan terhadap performa akademik mahasiswa, namun penelitian ini tidak menemukan pengaruh signifikan antara peran orang tua terhadap performa akademik mahasiswa.
Collections
- S1-Akuntansi [453]