Karakterisasi Fenotipe Dan Faktor Yang Mempengaruhi Perdagangan Kambing Jawarandu Di Pedagang Ternak Kota Samarinda Kalimantan Timur
Abstract
Pedagang ternak dalam penjualan kambing secara umum menggunakan sifat kualitatif dan
kuantitatif ternak dalam menentukan harga ketika proses jual beli ternak. Sifat tersebut
mempengaruhi performans yang berkaitan dengan kemampuan produksi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi fenotipe dan faktor yang mempengaruhi perdagangan kambing Jawarandu
yang dipelihara dan dipasarkan oleh pedagang ternak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020 - Maret 2021 di pedagang ternak Kota
Samarinda. Penelitian menggunakan kambing Jawarandu jantan umur 8 sampai 24 bulan. Metode
penelitian dan analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif analisis dan
analisis keragaman. Hasil penelitian ini diperoleh rataan sifat kuantitatif kambing Jawarandu di kota
Samarinda diperoleh nilai rataan dan SD dari Panjang badan, Lingkar dada dan Tinggi pundak (cm)
secara berurutan yaitu 63,16±6,14; 70,87±6,48; 69,20±6,24. Keragaman sifat kualitatif kambing
Jawarandu di kota Samarinda memiliki warna bulu dominan ditemukan yaitu campuran coklat putih
(34,69%). Profil muka kambing yang dominan ditemukan yaitu cembung 100%, dengan bentuk telinga
menjuntai ke bawah dan tidak terlipat 100%. Faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas
perdagangan kambing Jawarandu di Kota Samarinda dipengaruhi oleh jenis bangsa kambing, jenis
kelamin, umur kambing, asal kambing, dan berdasarkan biaya (cost-based pricing). Faktor dalam
penetapan harga dengan berdasarkan performans akan mampu menambahkan harga jual untuk
mendapatkan keuntungan ataupun pendapatan serta mampu menutupi biaya produksi dari pedagang
ternak
Collections
- J - Agriculture [521]