Show simple item record

dc.contributor.authorsukmono, yudi
dc.date.accessioned2022-03-16T13:38:58Z
dc.date.available2022-03-16T13:38:58Z
dc.date.issued2021-04
dc.identifier.issn2502-0501
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/32349
dc.description.abstractUKM Roti H-34 merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Samarinda yang bergerak di bidang kuliner yang memproduksi roti unyil. Produk unggulan tersebut mengalami penurunan penjualan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi alternatif strategi pemasaran terbaik untuk meningkatkan volume penjualan dan daya saing berdasarkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Analisis strategi pemasaran dilakukan dalam beberapa tahap yang pertama yaitu menggunakan matriks IFE dan EFE. Hasil yang diperoleh pada matriks IFE sebesar 3,779, sedangkan pada matriks EFE sebesar 2,905. Tahap kedua yaitu tahap pencocokan menggunakan matriks BCG, benchmarking, matriks IE dan matriks SWOT. Pada matriks BCG diperoleh hasil bahwa tingkat pertumbuhan pasar sebesar -37% pangsa pasar pada masing-masing perusahaan pesaing sebesar 0,22, 0,23, dan 0,25 yang menunjukkan perusahaan berada pada kuadran anjing (dog). Pada matriks IE di dapatkan bahwa UKM Roti H-34 berada pada sel IV strategi yang dapat digunakan yaitu growth and build. Kemudian dirumuskan strategi dengan menggunakan matriks SWOT dan didapatkan sembilan alternatif strategi. Tahap terakhir yaitu tahap keputusan menggunakan QSPM untuk pemilihan strategi yang dapat diterapkan oleh UKM Roti H-34. Alternatif strategi yang paling tepat untuk diterapkan yaitu memanfaatkan media internet untuk melakukan promosi secara online guna untuk meningkatkan penjualan dan jumlah konsumen dengan TAS sebesar 5,447.en_US
dc.publisherJurnal Optimalisasi - www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasen_US
dc.relation.ispartofseries2477-5479;Volume 7 Nomor 1 April 2021
dc.subjectStrategi Pemasaran, Matriks BCG, Benchmarking, Analisis SWOT, QSPMen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Daya Saingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record