Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Daya Saing
Abstract
UKM Roti H-34 merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Samarinda yang
bergerak di bidang kuliner yang memproduksi roti unyil. Produk unggulan tersebut mengalami
penurunan penjualan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi
alternatif strategi pemasaran terbaik untuk meningkatkan volume penjualan dan daya saing
berdasarkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Analisis strategi
pemasaran dilakukan dalam beberapa tahap yang pertama yaitu menggunakan matriks IFE dan
EFE. Hasil yang diperoleh pada matriks IFE sebesar 3,779, sedangkan pada matriks EFE sebesar
2,905. Tahap kedua yaitu tahap pencocokan menggunakan matriks BCG, benchmarking, matriks
IE dan matriks SWOT. Pada matriks BCG diperoleh hasil bahwa tingkat pertumbuhan pasar sebesar
-37% pangsa pasar pada masing-masing perusahaan pesaing sebesar 0,22, 0,23, dan 0,25 yang
menunjukkan perusahaan berada pada kuadran anjing (dog). Pada matriks IE di dapatkan bahwa
UKM Roti H-34 berada pada sel IV strategi yang dapat digunakan yaitu growth and build. Kemudian
dirumuskan strategi dengan menggunakan matriks SWOT dan didapatkan sembilan alternatif
strategi. Tahap terakhir yaitu tahap keputusan menggunakan QSPM untuk pemilihan strategi yang
dapat diterapkan oleh UKM Roti H-34. Alternatif strategi yang paling tepat untuk diterapkan yaitu
memanfaatkan media internet untuk melakukan promosi secara online guna untuk meningkatkan
penjualan dan jumlah konsumen dengan TAS sebesar 5,447.
Collections
- A - Engineering [316]