Show simple item record

dc.contributor.authorMustangin, Mustangin
dc.date.accessioned2022-03-15T16:21:20Z
dc.date.available2022-03-15T16:21:20Z
dc.date.issued2021-10-01
dc.identifier.issn2615-4498
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/30066
dc.description.abstractPerkembangan teknologi menjadi tuntutan bagi pelaku UMKM. Oleh karena itu, perlu peningkatan kapasitasnya melalui pendidikan nonformal. Pada pelaksanaan pendidikan nonformal terdapat prosesperencanaan pendidikan nonformal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan pendidikan nonformal. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yakni pengelola Rumah BUMN, tutor atau fasilitator rumah BUMN, dan pelaku UMKM. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni pedomanan wawancara yang berkaitan dengan proses perencanaan pendidikan nonformal. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Temuan penelitian terkait dengan proses perencanaan pendidikan nonformal yaitu adanya identifikasi kebutuhan agar program yang dilakasanakan sesuai dengan kebutuhan dan penyeleksian calon warga belajar karena pelaku UMKM memiliki beragam karakteristik sesuai kebutuhan program. Selanjutnya, penentuan program sesuai dengan kebutuhan dan penyiapan tutor untuk menjadi pendidik, penyiapan materi, dan pelatihan bagi para tutor untuk beberapa materi tertentu.en_US
dc.publisherUniversitas Pendidikan Ganeshaen_US
dc.relation.ispartofseriesVol. 5;No. 3
dc.subjectPerencanaan Program; Pendidikan Nonformalen_US
dc.titleAnalisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record