Pengaruh Kualitas Situs Web Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Toko Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas website terhadap kepercayaan pelanggan toko online. (2) pengaruh website terhadap loyalitas pelanggan toko online, dan (3) pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan toko online. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian adalah orang-orang yang pernah melakukan transaksi di tokopedia.com. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan 110 responden. Data angket yang terkumpul telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas website berpengaruh positif terhadap kepercayaan dengan nilai signifikansi uji-t lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan; (2) kualitas website berpengaruh positif terhadap loyalitas dengan nilai signifikansi uji-t lebih kecil dari tingkat signifikansi di set; (3) kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas dengan nilai signifikansi uji-f lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan.