Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto,untuk mengetahuipengaruhkonsep diri, minat dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan taraf signifikansi pengujian sebesar 5%.Hasil analisisinferensial dengan menggunakan analisis jalur untuk sub-struktur 1 diperoleh persamaan dengan nilai probabilitas (sig. F) sebesar , maka sub-struktur 1 signifikan, sehingga terdapat pengaruh konsep diri terhadap minat siswa. Untuk analisis sub-struktur 2 diperoleh persamaan dengan nilai probabilitas (sig. F) sebesar 0,000, maka sub-struktur 2 signifikan, sehingga terdapat pengaruh konsep diri dan minat terhadap sikap ilmiah. Untuk variabel konsep diri diperoleh dan minat diperoleh . Untuk analisis sub-struktur 3 diperoleh persamaan dengan nilai probabilitas (sig. F) sebesar 0,000, maka sub-struktur 3 signifikan, sehingga terdapat pengaruh konsep diri, minat, sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika. Pada sub struktur 3 untuk variabel konsep diri diperoleh , minat diperoleh , dan untuk variabel sikap ilmiah diperoleh .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhkonsep diri, minat dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.