Show simple item record

dc.contributor.authorJumaidah
dc.contributor.authorUsman
dc.contributor.authorNurlaili
dc.date.accessioned2022-02-20T11:37:33Z
dc.date.available2022-02-20T11:37:33Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.issn2655-8556 (media cetak)
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20834
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan tebak kata terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA pada materi rumus kimia dan tata nama senyawa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian yang diambil adalah dua kelas siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan masing-masing kelas terdiri atas 35 siswa. Satu kelas siswa (kelas eksperimen) diajar dengan kombinasi model pembelajaran TGT tebak kata dan satu kelas siswa (kelas kontrol) diajar dengan menggunakan model konvensional. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Minat belajar siswa diperoleh menggunakan angket. Uji statistik dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa kelas eksperimen signifikan lebih tinggi daripada minat dan hasil belajar siswa kelas kontrol. Jadi penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kombinasi model pembelajaran TGT dan tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada materi rumus kimia dan tata nama senyawa di SMA Negeri 9 Samarinda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSeminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020en_US
dc.subjectModel pembelajaran TGTen_US
dc.subjecttebak kataen_US
dc.subjectminaten_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjecttata nama senyawaen_US
dc.titlePengaruh kombinasi model pembelajaran teams games tournament dan tebak kata terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA materi rumus kimia dan tata nama senyawaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record