PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA TENTANG STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SETELAH DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kognitif siswa tentang struktur atom dan sistem periodik unsur setelah diajar dengan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped (PIF). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Tenggarong Seberang tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA dan sampel penelitian adalah 35 siswa kelas X MIPA 2 yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes melalui post-test yang diberikan setiap akhir pertemuan setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kognitif siswa pada indikator menafsirkan sebesar 66,98 dengan kategori baik, pada indikator mencontohkan sebesar 72,14 dengan kategori baik, pada indikator mengklasifikasikan sebesar 59,67 dengan kategori cukup, pada indikator meringkas sebesar 73,57 dengan kategori baik, pada indikator menyimpulkan sebesar 69,05 dengan kategori baik, pada indikator membandingkan 81,11 dengan kategori sangat baik, dan pada indikator menjelaskan 60,24 dengan kategori cukup. Rata-rata pemahaman kognitif siswa secara keseluruhan adalah 68,96 termasuk dalam kategori baik.
Collections
- Turnitin Report [1573]