Show simple item record

dc.contributor.authorOktariani, Mega Carlita
dc.contributor.authorUsman
dc.contributor.authorMuflihah
dc.date.accessioned2022-02-20T11:15:36Z
dc.date.available2022-02-20T11:15:36Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20830
dc.description.abstractModel pembelajaran Si- Lima Layang – Layang (SiMaYang) merupakan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa menggunakan model pembelajaran SiMaYang dengan media worksheet pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA N 16 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMAN 16 Samarinda yang berjumlah 34 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal tes di setiap akhir pertemuan selama dua kali pertemuan dan ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tingkat kemampuan mengingat (C1) siswa sebesar 99, kemampuan mengerti (C2) siswa sebesar 93, kemampuan menerapkan (C3) siswa sebesar 93, kemampuan menganalisis (C4) siswa sebesar 92, kemampuan mengevaluasi (C5) siswa sebesar 85 dan kemampuan mencipta (C6) siswa sebesar 83. Secara keseluruhan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit setelah diajar dengan model pembelajaran SiMaYang dengan media worksheet termasuk dalam kategori sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSeminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimiaen_US
dc.subjectkemampuan kognitifen_US
dc.subjectSiMaYangen_US
dc.subjectworksheeten_US
dc.titleKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG BERBANTUKAN MEDIA WORKSHEET PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLITen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record