Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Yang Aplikatif-Integratif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Laju Reaksi
View/ Open
Date
2018-05-21Author
Mutmainah, Siti
Usman
Nurhadi, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain lembar kerja yang aplikatif-integratif berbasis pendekatan saintifik, yang diaplikasikan kedalam proses pembelajaran skala kecil dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kelayakan lembar kerja dinilai dari tiga aspek yakni kevalidan, keefektifitasan dan kepraktisan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan metode Embedded Mixed Methods. Tahap penelitian ini adalah penggalian potensi dan masalah, perancangan lembar kerja peserta didik (LKPD), validasi oleh ahli media, ahli materi dan praktisi, kemudian dilakukan pengujian LKPD. Kelayakan lembar kerja yang diperoleh berdasarkan analisis data yang didapat termasuk ke dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia, khususnya ateri laju reaksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa validasi, efektifitas dan kepraktisan diperoleh 93,9; 83,1; dan 94,3% secara berturut-turut
Collections
- Turnitin Report [1573]