PENGARUH MEDIA GOOGLE FORM DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASAM BASA
View/ Open
Date
2021-06Author
Handayani, Rizky
Sain, Usman
Nurhadi, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media google form terhadap model pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar siswa kelas XI di salah satu sekolah di Samarinda pada bab asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah true-experimental design khususnya posttest only control design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 105 siswa. Subjek penelitian diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik tes diperoleh dari tiga kali post-test pada setiap akhir pertemuan yang diperoleh dari 20% setiap nilai post-test dan 40% dari nilai ujian akhir. Data dokumentasi hasil belajar siswa sebelumnya digunakan untuk menentukan homogenitas sampel. Data observasi diperoleh dari observasi langsung terhadap pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji F, dan uji T. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 79,86 dan 73,21. Hasil uji-t menunjukkan T-hitung (2,75) > T-tabel (1,67) dengan signifikan 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media google form memberikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada bab asam basa.
Collections
- Turnitin Report [1573]