Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Jasa yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Prama di Bankaltim Cabang Utama Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran jasa terhadap keputusan nasabah. Varibel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, tampilan fisik dan proses, sedangkan variabel dependennya yaitu keputusan nasabah. Hasil analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi. Uji serentak dengan tingkat kepercayaan 95% Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Prama di Bankaltim Cabang Utama Samarinda membuktikan bahwa secara serentak variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, tampilan fisik dan proses berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara parsial menunjukkan hanya terdapat tiga variabel yang berpengaruh terhadap keputasan nasabah menabung Tabungan Prama di Bankaltim Cabang Utama Samarin yaitu variabel produk, promosi dan proses. Sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh signifikan. Adapun variabel yang paling berpengaruh adalah variabel promosi. Saran utama bagi Bankaltim Cabang Utama Samarinda adalah terus meningkatkan dan mempertahankan promosi yang ada, selalu terbuka menyampaikan informasi dan mempertahankkan promosi melalui media cetak maupun media elektronik sehingga produk yang ditawarkan dapat diterima dan diketehui oleh masyarakat luas lebih banyak lagi.