Show simple item record

dc.contributor.authorJuliana, Neri
dc.contributor.authorMuflihah
dc.contributor.authorUsman
dc.date.accessioned2022-01-24T05:31:28Z
dc.date.available2022-01-24T05:31:28Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.citation0en_US
dc.identifier.issn2655-8556(media cetak)
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/19067
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kognitif siswa tentang struktur atom dan sistem periodik unsur setelah diajar dengan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped (PIF). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Tenggarong Seberang tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA dan sampel penelitian adalah 35 siswa kelas X MIPA 2 yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes melalui post-test yang diberikan setiap akhir pertemuan setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kognitif siswa pada indikator menafsirkan sebesar 66,98 dengan kategori baik, pada indikator mencontohkan sebesar 72,14 dengan kategori baik, pada indikator mengklasifikasikan sebesar 59,67 dengan kategori cukup, pada indikator meringkas sebesar 73,57 dengan kategori baik, pada indikator menyimpulkan sebesar 69,05 dengan kategori baik, pada indikator membandingkan 81,11 dengan kategori sangat baik, dan pada indikator menjelaskan 60,24 dengan kategori cukup. Rata-rata pemahaman kognitif siswa secara keseluruhan adalah 68,96 termasuk dalam kategori baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSeminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2019en_US
dc.subjectpeer instruction flippeden_US
dc.subjectpemahaman kognitifen_US
dc.titlePEMAHAMAN KOGNITIF SISWA TENTANG STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SETELAH DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPEDen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record