PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA TENTANG STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SETELAH DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kognitif siswa tentang struktur atom dan
sistem periodik unsur setelah diajar dengan model pembelajaran flipped classroom tipe peer
instruction flipped (PIF). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Tenggarong Seberang tahun
ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA dan sampel
penelitian adalah 35 siswa kelas X MIPA 2 yang diambil secara random sampling. Teknik
pengumpulan data adalah teknik tes melalui post-test yang diberikan setiap akhir pertemuan
setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman
kognitif siswa pada indikator menafsirkan sebesar 66,98 dengan kategori baik, pada indikator
mencontohkan sebesar 72,14 dengan kategori baik, pada indikator mengklasifikasikan sebesar
59,67 dengan kategori cukup, pada indikator meringkas sebesar 73,57 dengan kategori baik,
pada indikator menyimpulkan sebesar 69,05 dengan kategori baik, pada indikator membandingkan 81,11 dengan kategori sangat baik, dan pada indikator menjelaskan 60,24 dengan kategori cukup. Rata-rata pemahaman kognitif siswa secara keseluruhan adalah 68,96 termasuk dalam kategori baik.