Show simple item record

dc.contributor.authorPurwanti, Silviana
dc.date.accessioned2022-01-22T11:25:27Z
dc.date.available2022-01-22T11:25:27Z
dc.date.issued2021-12-28
dc.identifier.issnCetak 2502-5961, ISSN Online 2502-597X
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18459
dc.descriptionRepresntasi Iklan dalam perspektif Roland Barthesen_US
dc.description.abstractPenelitian ini tentang representasi rasisme yang ditampilkan melalui iklan Snowz Gluta by Seoul Secret. Peneliti menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes untuk melihat bagaimana rasisme direpresentasikan dalam iklan nowz Gluta by Seoul Secret berdasarkan denotasi, konotasi dan mitos, karena melalui iklan, membaca pemberitahuan TV seperti menghancurkan praktik filosofis yang bekerja secara manipulatif dalam bidang sosial tertentu. Iklan selalu dikaitkan dengan tanda dan kode. Setiap potongan iklan berubah menjadi “tanda” atau sign, yang pada dasarnya menyiratkan sesuatu yang menghasilkan makna, produk yang diiklan akan memperoleh nilai budaya. Pada penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengupas serta menjabarkan bagaimana bentuk rasisme yang ditampilkan lewat iklan Snowz Gluta by Seoul Secret. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pisau analisis dikemukakan oleh Roland Barthes, salah seorang ahli semiotika. Fokus dari penelitian ini adalah dua scene pilihan dimana didalamnya terdapat rasisme yang ditemukan melalui penggunaan peta semiotika Roland Barthes dan teknik pengambilan gambar. Indikator rasisme yang digunakan yaitu Stereotip Berdasarkan Ras, Diskriminasi Rasial serta Kekerasan Rasial. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan penelitian kepustakaan melalui penelitian yang berhubungan dengan buku dan jurnal. Maka hasilnya adalah streotip berdasarkan ras dengan penggambaran status kulit hitam yang infeorior, di mana perbedaan warna kulit antara kulit putih dan kulit hitam menjadi sebuah perbandingan kedudukan status yang terselubung, digambarkan bahwa kesuksesan dan status sosial seseorang yang tinggi tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang berkulit putih.en_US
dc.description.sponsorshipIlmu Komunikasi Unmulen_US
dc.publisherilmu Komunikasi Unmulen_US
dc.relation.ispartofseriesVolume 9;(4) 2021 : 65 - 74
dc.subjectRepresentasi, iklan SNOWZ GLUTA, Teori Semiotika Roland Barthesen_US
dc.titleREPRESENTASI RASISME DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN SNOWZ GLUTA BY SEOUL SECRET (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record