dc.contributor.author | Purwanti, Silviana | |
dc.date.accessioned | 2022-01-22T11:25:27Z | |
dc.date.available | 2022-01-22T11:25:27Z | |
dc.date.issued | 2021-12-28 | |
dc.identifier.issn | Cetak 2502-5961, ISSN Online 2502-597X | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18459 | |
dc.description | Represntasi Iklan dalam perspektif Roland Barthes | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini tentang representasi rasisme yang ditampilkan melalui
iklan Snowz Gluta by Seoul Secret. Peneliti menggunakan teori semiotika
yang dikemukakan oleh Roland Barthes untuk melihat bagaimana rasisme
direpresentasikan dalam iklan nowz Gluta by Seoul Secret berdasarkan
denotasi, konotasi dan mitos, karena melalui iklan, membaca pemberitahuan
TV seperti menghancurkan praktik filosofis yang bekerja secara manipulatif
dalam bidang sosial tertentu. Iklan selalu dikaitkan dengan tanda dan kode.
Setiap potongan iklan berubah menjadi “tanda” atau sign, yang pada
dasarnya menyiratkan sesuatu yang menghasilkan makna, produk yang
diiklan akan memperoleh nilai budaya. Pada penelitian ini, peneliti tertarik
untuk mengupas serta menjabarkan bagaimana bentuk rasisme yang
ditampilkan lewat iklan Snowz Gluta by Seoul Secret.
Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pisau
analisis dikemukakan oleh Roland Barthes, salah seorang ahli semiotika.
Fokus dari penelitian ini adalah dua scene pilihan dimana didalamnya
terdapat rasisme yang ditemukan melalui penggunaan peta semiotika Roland
Barthes dan teknik pengambilan gambar. Indikator rasisme yang digunakan
yaitu Stereotip Berdasarkan Ras, Diskriminasi Rasial serta Kekerasan Rasial.
Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik
dokumentasi dan penelitian kepustakaan melalui penelitian yang berhubungan
dengan buku dan jurnal. Maka hasilnya adalah streotip berdasarkan ras
dengan penggambaran status kulit hitam yang infeorior, di mana perbedaan
warna kulit antara kulit putih dan kulit hitam menjadi sebuah perbandingan
kedudukan status yang terselubung, digambarkan bahwa kesuksesan dan
status sosial seseorang yang tinggi tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang
berkulit putih. | en_US |
dc.description.sponsorship | Ilmu Komunikasi Unmul | en_US |
dc.publisher | ilmu Komunikasi Unmul | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Volume 9;(4) 2021 : 65 - 74 | |
dc.subject | Representasi, iklan SNOWZ GLUTA, Teori Semiotika Roland Barthes | en_US |
dc.title | REPRESENTASI RASISME DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN SNOWZ GLUTA BY SEOUL SECRET (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) | en_US |
dc.type | Article | en_US |