LAPORAN VERIFIKASI HASIL VALIDASI & PENYUSUNAN REKOMENDASI AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHAP II TAHUN 2021
Abstract
Akreditasi Sekolah/Madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif
terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam
bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu
lembaga mandiri dan professional. Mengingat pentingnya akreditasi sebagai upaya untuk
meningkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah membentuk Badan Akreditasi
Nasional melalui Permendikbud nomor 59 tahun 2012. BAN-S/M merupakan badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Tugas BAN-S/M adalah merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, dan melaksanakan akreditasi Sekolah/Madrasah. Dalam pelaksanaan akreditasi, BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Setelah Verifikasi Hasil Visitasi oleh asesor, BAN-S/M Provinsi melaksanakan verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi dengan cara menelaah hasil validasi asesor. Kegiatan ini dilakukan agar penetapan hasil akreditasi benar-benar objektif sesuai dengan keadaan sekolah/madrasah. Hal ini untuk menjamin proses dan hasil akreditasi kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor:215/BANSM/SK/2021 Tentang Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 dan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor:216/BANSM/SK/2021 Kegiatan Verifikasi hasil Validasi dan penyusunan rekomendasi akreditasi Sekolah/Madrasah di Provinsi Kalimantan Timur disimpulkan sebagai berikut:
1. Hasil akreditisi dengan Status Terakreditasi 218 S/M, Status Tidak Terakreditasi 7
S/M
2. Peringkat akreditasi A sebanyak 92 S/M, Peringkat B sebanyak 71 S/M, Peringkat
akreditasi C sebanyak 55 S/M dan Tidak Terakreditasi sebanyak 7 S/M
Collections
- Reports [966]