Show simple item record

dc.contributor.authorNurliah, Nurliah
dc.date.accessioned2022-01-18T21:40:21Z
dc.date.available2022-01-18T21:40:21Z
dc.date.issued2020-12-30
dc.identifier.citationAPAen_US
dc.identifier.issn2655-951X
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/15506
dc.description.abstractPermasalahan yang akan diangkat dalam program pengabdian kepada masyarakat Kondisi Luar Biasa tahun 2020 ini adalah pengelolaan destinasi wisata pantai guna meningkatkan pendapatan masyarakat selama masa pandemi Covid-19 di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. Meski kondisi pandemi namun pengelolaan destinasi wisata pantai tetap dijalankan agar tetap dapat memikat masyarakat luar untuk berkunjung di Desa Tanjung Limau. Diharapkan wisatawan dapat terus meningkat dalam melakukan kunjungan di destinasi wisata Pantai Jingga dan Pantai Panrita Lopi, Tanjung Limau. Melalui program pengabdian kepada masyarakat ini pengelolaan destinasi wisata Pantai Jingga dan Pantai Panrita Lopi dapat membawa kesadaran pada masyarakat untuk mengelola secara profesional. Yang pada gilirannya, selain berupaya meningkatkan pendapatan daerah masyarakat di sekitar pantai Desa Tanjung Limau, juga membuat pantaipantai terjaga keindahan dan kebersihannya sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke pantai dan wisata lainnya di Desa Tanjung Limau. Metode program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Tanjung Limau adalah dengan berkoordinasi dan berdiskusi dengan pejabat desa dan tokoh masyarakat di desa baik secara online maupun luring. Setelah itu disepakati untuk membuat beberapa kegiatan pengelolaan wisata. Diantaranya adalah membuat video promosi melalui youtube. Video yang dibuat diambil dari berbagai tempat wisata yang ramai dikunjungi yaitu Pantai Panrita Lopi dan Pantai Jingga. Kegiatan lainnya adalah pembenahan dan pembersihan pantai, juga pembuatan poster edukasi menjaga kebersihan di sekitar pantai. Kesimpulan pertama adalah untuk meningkatkan pendapatan daerah maupun masyarakat Desa Tanjung Limau maka masyarakat diedukasi dengan mengelola destinasi wisata pantai secara profesional agar mampu memikat wisatawan lokal dan nusantara untuk berkunjung melihat Desa Tanjung Limau. Caranya adalah mempromosikan tempat wisata yang ramai dikunjungi yaitu Pantai Panrita Lopi melalui media sosial yaitu YouTube. Kedua, untuk meningkatkan jumlah pengunjung di Pantai Jingga dan Panrita Lopi maka lokasi pantai dibenahi dan dibersihkan sehingga bersih, tertata dan asri. Ketiga, agar pengunjung pantai-pantai di Desa Tanjung Limau tidak membuang sampah sembarangan maka dilakukan edukasi kebersihan di sekitar pantai. Edukasinya berupa poster dan video penerapan aksi buang sampah ditempatnya. Videonya akan diunggah melalui media sosial YouTube agar dapat dilihat oleh calon pengunjung maupun pengunjung pantai.en_US
dc.description.sponsorshipDOI: https://doi.org/10.25077/logista.4.2.572-581.2020en_US
dc.publisherJurnal Logistaen_US
dc.relation.ispartofseries4;2
dc.subjectDestinasi, Wisata, Promosi, Edukasi, Desa Tanjung Limau, Pantai Panrita Lopi, Pantai Jinggaen_US
dc.titlePengelolaan Destinasi Wisata Pantai Guna Meningkatkan Pendapatan Daerah dan Masyarakat di Desa Tanjung Limauen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record