Show simple item record

dc.contributor.authorOktavianti, Bramantika
dc.contributor.authorRahmawati, Hj.
dc.date.accessioned2019-11-05T05:19:44Z
dc.date.available2019-11-05T05:19:44Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.isbn976-602-453-916-8
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1312
dc.description.abstractPengembangan orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran, penting untuk dilakukan oleh pemerintah dan pihak private untuk memberikan perhatian terhadap pelaku UMKM, khususnya yang berada di daerah perbatasan. Dimana hingga saat ini masih banyak hambatan yang terjadi dilapangan dalam aktivitas pengembangan usaha dilevel mikro. Harapan agar perusahaan swasta mampu memiliki program sosial yang memiliki kesinambungan tehadap program pemerintah menjadi salah satu tujuan dilakukannya penelitian ini. Tujuan akhir adalah agar pencapaian masyarakat para pelaku UMKM mampu menjalankan usaha mereka secara berkelanjutan (sustainability) serta memiliki keseimbangan yang selaras dengan kondisi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dapat diwujudkan melalui sumbangsih berupa pengetahuan keilmuan pemasaran dalam kreatifitas sistem produksi, pelayanan, harga, serta pendistribusian produk. Serta tujuan jangka panjangnya adalah agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi khususnya diperbatasan Kalimantan Utara mampu menjadi fasilitator masyarakat pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan usaha yang dimiliki serta memberikan pembinaan khusus agar UMKM tidak hanya tumbuh dalam jumlah tetapi juga berkembang dalam kualitas dan daya saing produknya. Metode penelitian menggunakan analisis data Sekunder terhadap data dokumentasi pemerintah serta analisis data primer yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara terbuka serta observasi lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan jika terdapat sejumlah hambatan baik secara internal maupun eksternal diantaranya adalah akses pasar yang masih tergantung dengan pasar Malaysia. Saran yang diberikan terkait permasalahan tersebut adalah 1. Mengadakan training UMKM secara berkelanjutan dan terencana, 2. Memanfaatkan fasilitas tol laut, 3. Pemberian Subsidi untuk ongkos kirim produk unggulan, 4. Pembuatan aplikasi e-marketing, 5. Melakukan kerjasama program PKBL/CSR Perusahaan
dc.publisherDeepublish
dc.titleStrategi Pemasaran UKM Melalui Program CSR di Perbatasan Kalimantan Utara


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record