Strategi Pemasaran UKM Melalui Program CSR di Perbatasan Kalimantan Utara
Abstract
Pengembangan orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran,
penting untuk dilakukan oleh pemerintah dan pihak private untuk
memberikan perhatian terhadap pelaku UMKM, khususnya yang
berada di daerah perbatasan. Dimana hingga saat ini masih banyak
hambatan yang terjadi dilapangan dalam aktivitas pengembangan usaha
dilevel mikro. Harapan agar perusahaan swasta mampu memiliki
program sosial yang memiliki kesinambungan tehadap program
pemerintah menjadi salah satu tujuan dilakukannya penelitian ini.
Tujuan akhir adalah agar pencapaian masyarakat para pelaku UMKM
mampu menjalankan usaha mereka secara berkelanjutan (sustainability)
serta memiliki keseimbangan yang selaras dengan kondisi di era
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dapat diwujudkan melalui
sumbangsih berupa pengetahuan keilmuan pemasaran dalam kreatifitas
sistem produksi, pelayanan, harga, serta pendistribusian produk. Serta
tujuan jangka panjangnya adalah agar perusahaan-perusahaan yang
beroperasi khususnya diperbatasan Kalimantan Utara mampu menjadi
fasilitator masyarakat pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan
usaha yang dimiliki serta memberikan pembinaan khusus agar UMKM
tidak hanya tumbuh dalam jumlah tetapi juga berkembang dalam
kualitas dan daya saing produknya.
Metode penelitian menggunakan analisis data Sekunder terhadap
data dokumentasi pemerintah serta analisis data primer yang dilakukan
dengan menggunakan metode wawancara terbuka serta observasi
lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil
penelitian menunjukan jika terdapat sejumlah hambatan baik secara
internal maupun eksternal diantaranya adalah akses pasar yang masih
tergantung dengan pasar Malaysia. Saran yang diberikan terkait
permasalahan tersebut adalah 1. Mengadakan training UMKM secara
berkelanjutan dan terencana, 2. Memanfaatkan fasilitas tol laut, 3.
Pemberian Subsidi untuk ongkos kirim produk unggulan, 4. Pembuatan
aplikasi e-marketing, 5. Melakukan kerjasama program PKBL/CSR
Perusahaan