View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Books
  • Faculty of Economics and Business Book's
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Books
  • Faculty of Economics and Business Book's
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pemasaran UKM Melalui Program CSR di Perbatasan Kalimantan Utara

Thumbnail
View/Open
file_1021900040.pdf (1.495Mb)
Date
2018
Author
Oktavianti, Bramantika
Rahmawati, Hj.
Metadata
Show full item record
Abstract
Pengembangan orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran, penting untuk dilakukan oleh pemerintah dan pihak private untuk memberikan perhatian terhadap pelaku UMKM, khususnya yang berada di daerah perbatasan. Dimana hingga saat ini masih banyak hambatan yang terjadi dilapangan dalam aktivitas pengembangan usaha dilevel mikro. Harapan agar perusahaan swasta mampu memiliki program sosial yang memiliki kesinambungan tehadap program pemerintah menjadi salah satu tujuan dilakukannya penelitian ini. Tujuan akhir adalah agar pencapaian masyarakat para pelaku UMKM mampu menjalankan usaha mereka secara berkelanjutan (sustainability) serta memiliki keseimbangan yang selaras dengan kondisi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dapat diwujudkan melalui sumbangsih berupa pengetahuan keilmuan pemasaran dalam kreatifitas sistem produksi, pelayanan, harga, serta pendistribusian produk. Serta tujuan jangka panjangnya adalah agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi khususnya diperbatasan Kalimantan Utara mampu menjadi fasilitator masyarakat pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan usaha yang dimiliki serta memberikan pembinaan khusus agar UMKM tidak hanya tumbuh dalam jumlah tetapi juga berkembang dalam kualitas dan daya saing produknya. Metode penelitian menggunakan analisis data Sekunder terhadap data dokumentasi pemerintah serta analisis data primer yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara terbuka serta observasi lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan jika terdapat sejumlah hambatan baik secara internal maupun eksternal diantaranya adalah akses pasar yang masih tergantung dengan pasar Malaysia. Saran yang diberikan terkait permasalahan tersebut adalah 1. Mengadakan training UMKM secara berkelanjutan dan terencana, 2. Memanfaatkan fasilitas tol laut, 3. Pemberian Subsidi untuk ongkos kirim produk unggulan, 4. Pembuatan aplikasi e-marketing, 5. Melakukan kerjasama program PKBL/CSR Perusahaan
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1312
Collections
  • Faculty of Economics and Business Book's [126]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback