PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECEMASAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 SAMARINDA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini ilaksanakan pada bulan Maret 2019. Dalam penelitian ini terdapat driabel bebas, yaitu kemandirian belajar (X1) dan kecemasan siswa (X2), serta satu variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar matematika (Y). populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kemandirian belajar dan kecemasan siswa. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum mengadakan penelitian, angket dan tes diuji cobakan pada kelas VIII A yang bukan merupakan sampel penelitian berjumlah
28 siswa. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor variabel kemandirian belajar 53,63 tergolong sedang dan rata-rata skor hasil belajar matematika siswa sebesar 52,10 tergolong sedang. Berdsarkan analisis inferensial diperoleh p = 0,000 pada 𝛼=0,05 sehingga 𝑝<𝛼 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,414 artinya terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Dan nilai keofisien jalur sebesar 0,444 artinya terdapat pengaruh kecemasan siswa terhdap hasil belajar matematika siswa. Selain itu diperoleh bahwa p = 0,000 pada 𝛼=0,05 sehingga 𝑝<𝛼 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,385, artinya terdapat pengaruh tidak langsung kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kemandirian belajar.